-->

Jumat, 20 Maret 2015

Rahasia DO'A DAN DZIKIR

Seasson II

Bismillah,

III. MENGAPA MANUSIA BERDO'A
   Ini merupakan lanjutan dari yang ana post kan kemarin.
Sobat seperjuangan ku ada beberapa faktor penyebab manusia berdo'a kpd Allah Azza Wajjala, yaitu :
1. Karena jiwa nya merasa terpanggil untuk memohon perlindungan ketika ia mendapat kesulitan yang ia sulit utk mengatasinya. Sebab manusia diciptakan dlm keadaan lemah. Nah hal ini sbg bukti bahwa Allah Maha Pemberi Hidayah.
2. Karena berdo'a itu merupakan perintah dari Sang-Pencipta manusia itu sendiri. Dari itu, manusia diperingahkan untuk berdo'a kpd Nya.
    Malu dong bila kita tak mau berdo'a kpd Allah swt. Dan kita juga malu lah kalo niat kita berdo'a kpd Allah bukan karena Allah swt, melainkan mengharapkan hal duniawi yang berlebih2an. Semisal kita berdo'a agar si dia pujaan hati mu agar segera diputuskan olh pacarnya dan kamu bedo'a ingin memiliki si dia dengan status PACARAN. Hati hati yaa akhi yaa ukhti berdo'a lah dengan baik dan benar, serta khusu, dengan rendah hati dan rendahkan diri mu hanya dihadapan Allah! Hanya lah Allah! Laa ilaaha illallah!
(Maaf ya ada selingan. Hehe)

IV. ADAB BERDO'A
   Nah sobat ku dalam rangka terqabul nya do'a, maka mesti pakai adab. Adab nya sebagai berikut :
[•] Mengawali do'a dengan menyebut nama Allah dan memuji kpd Nya serta tidak menyebut tujuan utk apa kita berdo'a. Contoh: بسم الله الرحمن الر حيم Yaa Fatahu Yaa 'Alim (sebanyak yang kamu mau, minimal 3x) Yaa Allah lancarkanlah aku yang hendak mencari ilmu...
[•] Menghadap kiblat dengan perasaan takut, rendah diri, dan berkeyakinan bahwa do'a pasti terkabulkan.
[•] Mengangkat kedua tangan setinggi bahu sambil tengadah dengan suara lembut, yakni tak keras sbg layaknya memanggil orang di tempat yg jauh (tak boleh ok).
[•] Mengulang-ulang do'anya minimal 3x, tanpa merasa jenuh atau bosan.
[•] Hendaknya susunan kalimat do'anya tidak bersajak, cukup dgn susunan kata yg sederhana, tdk dilagukan. Dari itu, dianjurkan memakai susunan kalimat do'a yang berasal dari Rasulullah saw atau dari para org2 mu'min yang terdahulu sebelum Nabi saw. (Pasti lah ada dalam Al-Qur'an).
[•] Hendaknya dalam mengakhiri do'anya dengan bacaan Shalawat kemidian dilanjutkan dengan basmallah.

V. SYARAT TERKABULNYA DO'A
   Nah, bagi orang yang berdo'a tentunya ia benar-benar ingin do'anya terkabul, benar? Dan agar do'a nya terkabul, maka diperlukan adanya beberapa syarat sebagai berikut:
[•] Disyaratkan adanya kesucian hati, tak asal komat kamit, sementara hati melayang-layang.
[•] Hendaknya taubat kpd Allah utk membersihkan dosa dosa yg pernah dilakukan.
[•] Disyaratkan hrs bersungguh sungguh dlm berdoa, jgn hanya sekedar basa basi.
[•] Disyaratkan harus berkeyakinan bahwa doa nya blm terkabulkan dan terus berdo'a.
[•] Disyaratkan tdk berputus asa bila doanya blm dikabulkan.
[•] Disyaratkan tdk makan atau minum yang dipakai atau dihasilkan dari hasil yang haram (perbuatan yg dzolim). Sprti hasil korupsi,menipu, nyolong, dsb.
[•] Disyaratkan berdo'a tdk pada waktu yang dilarang atau mustahil didapat. Upamanya, berdoa mohon dijatuhkan uang dari langit sekarang.

Nah sobat yang dirahmati Allah sekian aja dulu ya, entar dilanjut bila ana ada waktu luang utk mengetiknya. Walhamdulillah... bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar